Poker Asli Indonesia

Beton Decking dan Fungsinya

Unknown | 1/24/2014 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Pada saat akan dilakukan pekerjaan pengecoran, pasti kita melihat suatu benda (seperti gambar di atas) yang diletakkan di sela-sela antara besi dan bekisting. Benda seperti foto tersebut di atas dinamakan beton decking atau istilah lain tahu beton.

Beton decking atau tahu beton adalah beton atau spesi yang dibentuk sesuai dengan ukuran selimut beton yang diinginkan. Biasanya berbentuk kotak-kotak atau silinder. Dalam pembuatannya, diisikan kawat bendrat pada bagian tengah yang nantinya dipakai sebagai pengikat pada tulangan.

Pada dasarnya decking terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu :
  1. Plasting decking, terbuat dari bahan plastik dengan ketebalan 3,5 cm.
  2. Beton decking, terbuat dari campuran beton, berbentuk silinder kecil, dengan diameter 10 cm dan ketebalannya menyesuaikan dengan ketebalan selimut beton yang direncanakan oleh Konsultan Perencana.

Beton decking berfungsi untuk menjaga tulangan agar sesuai dengan posisi yang diinginkan. Bisa dibilang berfungsi untuk membuat selimut beton sehingga besi tulangan akan selalu diselimuti beton yang cukup, sehingga didapatkan kekuatan maksimal dari bangunan yang dibuat. Selain itu, selimut beton juga menjaga agar tulangan pada beton tidak berkarat (korosi).

Demikian sedikit ulasan tentang beton decking. Semoga bermanfaat.








Category:

0 komentar