Poker Asli Indonesia

Apa Itu Dowel?

Unknown | 3/30/2014 | 8 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Pada proyek jalan khususnya jenis perkerasan beton, biasanya kita melihat material penghubung seperti pada gambar di atas. Apa yang dimaksud gambar di atas? Material penghubung seperti gambar di atas adalah dinamakan dowel.

Dowel adalah material penghubung antara 2 (dua) komponen struktur. Dowel berupa batang baja polos maupun profil, yang digunakan sebagai sarana penyambung / pengikat pada perkerasan jalan tipe rigid pavement.

Adapun yang dimaksud Rigid Pavement atau perkerasan kaku merupakan suatu konstuksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakan pelat beton yang terletak di atas pondasi atau langsung diatas tanah dasar pondasi atau langsung diatas dasar subgrade.

Secara singkat, jenis sambungan pada Rigid Pavement terdiri dari :
  1. Sambungan Susut, dibuat untuk mengalihkan tegangan tarik akibat suhu, kelembaban, gesekan sehingga akan mencegah retak. Jika sambungan susut tidak dipasang, maka akan terjadi retak acak pada permukaan beton.
  2. Sambungan muai, fungsi utamanya untuk menyiapkan ruang muai pada perkerasan, sehingga mencegah terjadinya tegangan tekan yang akan menyebabkan perkerasan tertekuk.
  3. Sambungan konstruksi (pelaksanaan), diperlukan untuk kebutuhan konstruksi (berhenti dan mulai pengecoran). Jarak antar sambungan memanjang disesuaikan dengan lebar alat atau mesin penghampar (paving machine) dan oleh tebal perkerasan.
  4. Sambungan engsel, diperlukan pada perkerasan dengan pelat perkerasan cukup lebar (>7 m). Sambungan ini berupa sambungan kearah memanjang yang berfungsi sebagai panahan gaya lenting (warping).

Untuk fungsi dari dowel adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai penyalur beban pada sambungan yang dipasang dengan separuh panjang terikat dan separuh panjang dilumasi atau dicat untuk memberi kebebasan bergeser.
  2. Untuk menguatkan konstruksi badan jalan.
  3. Untuk menghambat retakan yang terjadi di salah satu segmen agar tidak menjalar atau menerobos ke segmen selanjutnya.

Batang dowel secara manual dimasukkan ke dalam sendi konstruksi (construction joint) pada tahap akhir pekerjaan. Sendi konstruksi (construction joint) harus direncanakan sedemikian rupa untuk dapat mengurangi sendi tambahan.

Agar dapat mencegah korosi, batang dowel yang baik dilapisi dengan stainless steel atau epoxy. batang dowel biasanya dimasukkan pada pertengahan slab mendalam dan dilapisi dengan zat yang mencegah dowel ini melekat ke PCC (pre-stressed cement concrete).

Demikian sedikit ulasan tentang apa itu dowel pada konstruksi perkerasan jalan beton. Semoga bermanfaat.








Category:

8 komentar:

  1. Salam.kalau boleh tolong tambahkan gambar untuk contoh contoh dari berbagai jenis sambungan yg dimaksud pak.saya mau belajar teknik untuk menjadi kontraktor secara otodidak pak.mohon dimengerti.salam geary

    BalasHapus
  2. mas dowel itu biasanya menggunakan apa yah?

    BalasHapus
  3. dwel itu bisa menggunakan pipa pvc gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di satu sisi menggunakan PVC satu sisi lainnya langsung ikut Cornya

      Hapus
    2. Dowel itu dengan memperhatikan fungsi Dowel maka seharusnya Dowel itu kuat maka digunakan besi baja dengan ukuran besar yaitu besi polos atau ulir D'64

      Hapus
    3. Mas sejak kpn dowel menggunakan ulir 🤦‍♂️

      Hapus
  4. Kami menyediakan besi dowel www.am-baja.com

    BalasHapus
  5. fungsi pipa pada dowel untuk apa mas?

    BalasHapus