Poker Asli Indonesia

Manfaat Donor Darah

Kirun Wae | 3/19/2014 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah.

Donor darah juga bisa dilakukan di proyek kita ataupun di kantor kita. Pada perusahaan tertentu, kegiatan donor darah menjadi agenda rutin dari kegiatan HSE baik di kantor maupun di proyek mereka. Pada kesempatan kali ini, kami akan mempostingkan beberapa manfaat donor darah yang kami ambil dari berbagai sumber.

Adapun beberapa manfaat donor darah adalah sebagai berikut :
  1. Menjaga kesehatan jantung dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Perlu di ketahui, zat besi yang terlalu banyak pada tubuh akan memicu terjadi oksidasi kolesterol sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung serta stroke. Jadi dengan melakukan donor darah akan membuat zat besi tetap stabil.
  2. Membantu menurunkan berat tubuh sekitar 7%. Sebab pada saat melakukan donor darah maka tubuh melakukan pembakaran kalori sekitar 650 dengan asumsi pendonoran darah sekitar 450ml.
  3. Menurunkan kolesterol. Darah Anda mengandung dua macam kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dan ketika Anda melakukan donor darah, ini berarti Anda turut menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  4. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Pendonor rutin dapat menurunkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke, karena salah satu manfaat donor darah adalah memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Hal tersebut juga berdampak pada badan yang terasa lebih sehat.
  5. Tekanan darah terkontrol. Volume darah Anda akan lebih seimbang ketika darah didonorkan. Hal ini bisa mencegah terjadinya darah tinggi, sekaligus mencegah penyakit jantung.
  6. Mempercepat proses penyembuhan luka. Tubuh Anda akan menyesuaikan diri terhadap berkurangnya sel darah merah ketika Anda melakukan donor darah. Penyesuaian tubuh seperti ini pula yang terjadi ketika tubuh Anda luka. Dampaknya, penyesuaian tersebut akan turut berpengaruh pada proses pemulihan luka yang Anda alami.
  7. Mengurangi risiko kanker. Darah seringkali mengandung terlalu banyak zat besi yang didapat dari berbagai konsumsi makanan. Dan hal tersebut bisa membahayakan, terutama bagi jantung, serta meningkatkan risiko kanker. Ketika perempuan secara alami melakukan penyeimbangan zat besi ketika menstruasi, para laki-laki bisa memanfaatkan ajang donor darah untuk melakukannya. Risiko kanker akan berkurang seiring dengan berkurangnya zat besi dalam darah, terutama risiko kanker hati, paru-paru, dan usus besar.
  8. Menolong orang lain. Tentu saja, manfaat donor darah yang tak kalah penting adalah untuk membantu orang yang membutuhkan, sebagai wujud kepedulian sosial.

Demikian postingan beberapa manfaat donor darah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.



Category:

0 komentar