Poker Asli Indonesia

Macam-Macam Tulangan

Kirun Wae | 3/03/2014 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Dalam pekerjaan pembesian, kita sering mendengar beberapa macam tulangan. Pada postingan kali ini akan kami ulas sedikit tentang macam-macam tulangan yang biasa kami temui / jumpai di lapangan. Apa saja tulangan tersebut ?

Macam-macam tulangan dalam pekerjaan pembesian yang biasa kami jumpai di lapangan adalah sebagai berikut :
  1. Tulangan Pokok. Tulangan Pokok disebut juga tulangan utama atau tulangan memanjang. Yaitu tulangan yang memanjang searah dengan panjang balok atau kolom.
  2. Tulangan Tumpuan. Yaitu tulangan pokok atau tulangan utama yang posisinya berada di sekitar area tumpuan. Biasanya yang menggunakan istilah ini hanya untuk balok (dan juga pelat). Kolom tidak mengenal tulangan tumpuan. Kalau kolom biasanya istilahnya tulangan ujung atas atau bawah.
  3. Tulangan lapangan. Yaitu tulangan pokok atau tulangan utama yang posisinya berada di tengah bentang.
  4. Tulangan Geser. Tulangan geser disebut juga begel, sengkang, ties, stirrups, dan lain-lain. Yaitu tulangan melingkar yang mengikat tulangan utama pada balok maupun kolom. Fungsinya untuk memegang tulangan utama, dan sebagai tulangan geser (menahan gaya dalam geser).
  5. Tulangan Ekstra. Yaitu tulangan tambahan yang ditambahkan pada tulangan tumpuan atau tulangan lapangan. Biasanya tulangan ekstra ini tidak dipasang di sepanjang balok, tapi hanya di sekitar area yang membutuhkan saja.

Demikian sedikit ulasan tentang beberapa macam tulangan yang biasa dijumpai di lapangan. Terima kasih.

Category:

0 komentar