Poker Asli Indonesia

Pengertian Fasade Bangunan

Kirun Wae | 3/02/2014 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Secara etimologis, kata fasad atau facade (inggris) memiliki akar kata yang cukup panjang. Fasad berasal dari bahasa prancis, yaitu facade atau faccia. facciata sendiri berasal dari bahasa italia, sedangkaan faccia dalam bahasa latin yang diambil dari kata faccies dan pada perkembangan nya menjadi face dalam bahasa inggris. face mengartikan wajah atau muka, yaitu sisi depan kepala manusia, demikian pula bagi sebuah bangunan.

Fasad adalah istilah arsitektur yang berarti tampak depan bangunan yang umumnya menghadap ke arah jalan lingkungan. Fasad merupakan wajah yang mencerminkan citra dan ekspresi dari seluruh bagian bangunan, bahkan bisa menjadi jiwa bangunan.

Fasad menjadi salah satu kata serapan yang memperkaya perbendaharaan bahasa indonesia. lebih dari itu, fasad sendiri memiliki esensi yang sangat mendalam. Fasad adalah alat perekam sejarah peradaban manusia. dengan mencermati desain fasad dari waktu ke waktu, dapat dipelajari kondisi sosial budaya, kehidupan spiritual, bahkan keadaan ekonomi dan politik yang berlaku pada saat itu.

Fasade sebagai bagian terluar dari arsitektur bangunan, tampak eksterior akan menjadi bagian terdahulu yang paling kritis serta rentan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem dan cepat.

Ancaman terbesar yang dihadapi oleh bangunan yang berada di iklim tropis adalah sebagai berikut :
  1. Panas matahari yang bersinar sepanjang tahun.
  2. Kelembaban udara yang tinggi.
  3. Terpaan air hujan.

Ketiga hal tersebut bakal mengakibatkan kerusakan pada bangunan, seperti fasad berlumut, bangunan yang retak-retak kecil pada dinding, dan warna bangunan menjadi mudah pudar baik pada dinding, cat, maupun kusen-kusennya.

Demikian sedikit ulasan tentang fasade bangunan. Semoga bermanfaat.



Category:

0 komentar