Poker Asli Indonesia

Mogok Kerja Apakah Harus Berizin?

Kirun Wae | 2/25/2014 | 1 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Mogok kerja atau unjuk rasa adalah sebuah pemandangan yang terkadang kita jumpai terjadi di perusahaan / proyek. Penyebabnyan bermacam-macam. Salah satu penyebabnya mungkin karena hak-hak normatif pekerja yang dilanggar. Untuk kasus ini mogok kerja atau unjuk rasa ini harus ada prosedur dan izinnya, tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba.

Mogok kerja merupakan hak dasar pekerja atau buruh dan serikat pekerja atau buruh yag dilakukan secara sah, tertib dan damai, dan sengaja akibat gagalnya perundingan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2013, adapun Prosedur atau mekanisme unjuk rasa mogok kerja karena tuntutan normatif adalah sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan mogok kerja, bagi pekerja atau buruh, sekurang-kurangnya tujuh hari sebelum mogok kerja, pekerja atau Ketua Serikat Pekerja atau Buruh, wajib memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada Pengusaha, dan Instansi yang bertanggungjawab dibidang Ketenagakerjaan.
  2. Pemberitahuan tersebut sekurang-kurangnya memuat : Waktu yakni hari, tanggal, jam dimulai pukul berapa dan berakhir pukul berapa, Tempat mogok kerja, Alasan dan sebab-sebab mogok serta Tanda tangan Ketua dan Sekretaris Serikat Pekerja atau jika belum ada yaitu Koordinator atas mogok kerja tersebut.
  3. Apabila mogok kerja tersebut tidak memenuhi syarat, semisal pemberitahuan kurang dari tujuh hari dan tidak jelas, maka menjadi mogok kerja yang tidak sah.
  4. Mogok kerja yang tidak sah apabila dilakukan bukan akibat gagalnya perundingan, tanpa pemberitahuan ke Perusahaan dan Instansi, pemberitahuan kurang dari tujuh hari dan isi ketentuan tidak sesuai pasal 140 ayat 2 UU No. 13 tahun 2003.
  5. Hukum mogok kerja yang tidak sah sesuai Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 232 tahun 2003 yakni didiskualifikasi sebagai mangkir kerja.

Demikian sedikit ulasan tentang mogok kerja atau unjuk kerja yang biasa dilakukan di sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.



Category:

1 komentar:




  1. Halo.
    Saya Mr Rahel Cohran pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang waktu hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak mencari lebih lanjut seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tarif 2% tanpa biaya di muka. Saya ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya kemudian kembali sekarang melalui Email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT BERTEMU.

    BalasHapus