Poker Asli Indonesia

Mengenal Sepatu Kolom

Unknown | 2/15/2014 | 1 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Jika kita akan mengerjakan pekerjaan pengecoran kolom, kita sering mendengar istilah sepatu kolom. Pada postingan kali ini akan kami bahas sedikit tentang sepatu kolom.

Sepatu kolom adalah sebuah alat bantu yang dibuat pada bawah tulangan kolom yang berhubungan dengan pondasi yang sudah dicor. Sepatu kolom biasanya terbuat dari profil baja siku L 30.30.3, yang dilas ke sengkang kolom. Ada juga sepatu kolom yang dibuat dari blok beton dengan tinggi kurang lebih 5 cm.

Sepatu kolom dibuat sesuai dengan markingan ukuran kolom. Jadi pemasangan sepatu kolom setelah ukuran kolom dimarking terlebih dahulu.

Adapun fungsi sepatu kolom ini adalah sebagai pengaku posisi tulangan kolom agar tidak berubah posisi pada saat proses pengecoran dan juga berfungsi sebagai penahan bekisting bagian bawah agar posisi bekisting tidak berubah dan ukuran kolom menjadi benar.

Demikian sedikit ulasan tentang sepatu kolom. Terima kasih.








Category:

1 komentar:

  1. Pak mau tanya, pondasi rumah ukuran 6x9 gak dikasih pancang/paku bumi tapi sudah ada sepatunya 12titik itu kira2 kuat gak ya dibuat 2 lantai? Terimakasih

    BalasHapus