Poker Asli Indonesia

Mengenal Sketsel / Warana Sebagai Penyekat Ruang

Kirun Wae | 2/19/2014 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Sketsel atau dalam kehidupan sehari-hari orang Jawa menyebutnya warana / rono adalah suatu penyekat ruang yang digunakan untuk pembatas ruang misalnya ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu sesuai keinginan pemiliknya. Pada Jaman sekarang orang lebih mengenal istilah partisi yang pada hakikatnya adalah penyekat ruang sebagai pemisah dua ruang berbeda fungsi agar dapat terpisah dan bisa membuat cantik ruang tersebut.

Warana memiliki arti harfiah yang artinya sekat. Warana dari kata Awarana dalam bahasa Sanskerta yang berarti (tindakan menutupi, menyembunyikan, pemisah, halangan, gangguan, penutup, pakaian; sesuatu yang melindungi, dinding, perisai) tutup, tabir, dinding (pelindung). Arti lain yang pertama, Warana adalah (sanskerta warana, menangkis, menolak; gajah (dari kekuatannya menangkis); tangkisan perlawanan) gajah. Arti kedua, Warana sama artinya dengan awarana. Sedangkan dalam bahasa kawi warana berarti kelir, slintroe, aling-aling. Warana atau aling-aling merupakan sebuah alat untuk merintangi seseorang melihat secara langsung apa yang terdapat dibelakang kori.

Warana / sketsel akhir-akhir ini semakin populer seiring dengan kebutuhan ruangan yang fleksibel dengan memaksimalkan space yang ada. Ada juga yang memanfaatkan warana / sketsel sebagai penambah keindahan arsitektur ruangan karena bagi pemiliknya tidak mau membuat sekat / partisi yang permanen, sehingga memanfaatkan warana / sketsel agar bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan ruang. Pada saat ini terdapat beragam motif dan jenisnya yang banyak dijual di pasaran.

Demikian sedikit ulasan tentang sketsel / warana. Semoga menambah wawasan kita. Terima kasih.




Category:

0 komentar