Poker Asli Indonesia

Mengenal Heat Exchanger Water Heater

Kirun Wae | 2/20/2014 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Setelah pada postingan yang lalu telah diuraikan tentang Gas Water Heater, Water Heater Listrik dan Solar Water Heater, pada kesempatan kali ini kita lanjutkan masih seputar tentang jenis water yang lain yaitu Heat Exchanger Water Heater.

Dinamakan Heat Exchanger ini adalah karena sumber panas dari pemanas air ini adalah diambil dari udara panas yang dihembuskan oleh compressor AC rumah. Sebagaimana diketahui bahwa untuk mendinginkan ruangan, AC rumah mengandalkan compressor memompakan freon yang mengembun dan sebagai gantinya udara panasnya dibuang oleh compresor keluar. Prinsip kerja heat exchanger water heater ini adalah mengumpulkan panas yang dibuang oleh compressor kemudian dialirkan ke tabung penyimpanan air untuk memanaskan air disana. Pemanas air jenis ini tidak mempunyai bentuk yang spesifik selain mempunyai satu tangki penyimpan air panas seperti yang terdapat pada jenis pemanas air yang lain.

Pemanas air dengan prinsip kerja heat exchange ini sebenarnya adalah solusi yang sangat efisien dan murah karena sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lain kecuali hanya membayar biaya listrik akibat pemakaian AC saja. Jadi selain mendapat dinginnya dari AC, sekaligus juga memanfaatkan pembuangan panasnya untuk memanaskan air.

Pemanas air jenis ini tidak ada yang dijual “ready for use”, artinya perlu dirakit sendiri sesuai dengan yang dibutuhkan. Namun repotnya tidak banyak orang yang mengerti cara kerja dan teknik pemasangannya sehingga tidak mudah mencari tukang yang bisa langsung pasang. Selain itu perlu juga mempertimbangkan faktor jarak antara compressor ke tangki pemanas air serta jarak ke kamar mandi. Hal tersebut dikarenakan sifat rambatan panas yang cepat hilang jika harus dilewatkan pada media yang cukup panjang.

Demikian sedikit ulasan tentang Heat Exchanger Water Heater. Semoga bermanfaat.



Category:

0 komentar