Poker Asli Indonesia

Menengok Lebih Dekat Bangunan Bersejarah Taman Sari Gunongan

Kirun Wae | 11/03/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

http://www.mediaproyek.com/

Aceh - Gunongan adalah sebuah peninggalan budaya yang bernilai sejarah tinggi dan masih bisa kita nikmati hingga saat ini. konon Gunongan menjadi tempat para permaisuri Kesultanan Aceh bersantai. Bangunan bersejarah ini letaknya ada di pusat kota tepat di Jl. Teuku Umar, kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

Gunongan dibangun pada masa Pemerintahan Sultan Iskandar Muda yamg memerintah tahun 1607-1636. Sultan Iskandar Muda berhasil menaklukkan Kerajaan Johor dan Kerajaan Pahang di Semenanjung Malaka. Putri boyongan dari Pahang yang sangat cantik parasnya dan halus budi bahasanya membuat Sultan Iskandar Muda jatuh cinta dan menjadikannya sebagai permaisuri. Demi cintannya yang sangat besar, Sultan Iskandar Muda bersedia memenuhi permintaan permaisurinya untuk membangun sebuah taman sari yang sangat indah, lengkap dengan Gunongan sebagai tempat untuk menghibur diri agar kerinduan sang permaisuri pada suasana pegunungan di tempat asalnya terpenuhi. Selain sebagai tempat bercengkerama keluarga kerajaan, Gunongan juga digunakan sebagai tempat berganti pakaian permaisuri setelah mandi di Sungai Isyiki yang mengalir di tengah-tengah istana.

Gunongan dianggap sebagai miniatur bukit yang mengelilingi istana Putri Phang di Pahang. Gunongan memiliki bangunan yang tidak besar. Bangunan ini berbentuk unik seperti bunga dan bertingkat tiga dengan tingkat utamanya sebuah mahkota tiang yang berdiri tegak. Gunongan berdiri dengan tinggi 9,5 meter.

Berikut beberapa foto dari Gunongan :

http://www.mediaproyek.com/


http://www.mediaproyek.com/


http://www.mediaproyek.com/


http://www.mediaproyek.com/


http://www.mediaproyek.com/

Demikian sedikit ulasan tentang bangunan bersejarah Taman Sari Gunongan Aceh. Semoga menambah wawasan kita tentang bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia. Terima kasih.

Category:

0 komentar