Poker Asli Indonesia

Mengenal Pompa Benam (Submersible Pump)

Unknown | 7/18/2013 | 1 komentar
masterpoker88
BetAnda



Pengertian Pompa Benam (Submersible Pump)
Pompa Submersible (pompa benam) disebut juga dengan electric submersible pump (ESP ) adalah pompa yang dioperasikan di dalam air dan akan mengalami kerusakan jika dioperasikan dalam keadaan tidak terdapat air terus-menerus. Jenis pompa ini mempunyai tinggi minimal air yang dapat dipompa dan harus dipenuhi ketika bekerja agar life time pompa tersebut lama. Pompa jenis ini bertipe pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal sendiri prinsip kerjanya mengubah energi kinetis (kecepatan) cairan menjadi energi potensial (dinamis) melalui suatu impeller yang berputar dalam casing.

Prinsip Kerja Pompa Benam (Submersible Pump)
Prinsip Kerja Pompa Benam (Submersible Pump) adalah bekerja dengan mendorong air ke permukaan. Jadi kebalikan dari prinsip kerja Jet Pump yang bekerja dengan cara menyedot air.

Kelebihan Pompa Benam (Submersible Pump)
Berikut kelebihan dari jenis pompa submersible :
  1. Biaya perawatan yang rendah
  2. Tidak bising, karena berada dalam sumur
  3. Pompa memiliki pendingin alami, karena posisinya terendam dalam air
  4. System pompa tidak menggunakan shaft penggerak yang panjang dan bearing, jadi problem yang biasa terjadi pada pompa permukaan ( Jet Pump ) seperti keausan bearing dan shaft tidak terjadi.
Aplikasi Pompa Benam (Submersible Pump)
Pompa Benam (Submersible Pump) biasanya digunakan untuk drainase, sump pit, limbah pompa, industri umum memompa dan memompa bubur. Mereka juga populer dengan filter akuarium. Beberapa tahap pompa submersible biasanya diturunkan lubang bor dan digunakan untuk abstraksi air, sumur air dan dalam sumur minyak. 

Demikian sedikit uraian perihal pompa benam (submersible pump). Semoga bermanfaat. Terima kasih....










Category:

1 komentar:

  1. misi gan,ane mau nanya gmn sih cara mengganti bearing/laker submersible pump,soale bagian kincir susah dibuka,mgkn krn blm tau cra bukanya sistim drat/shok?...

    BalasHapus