Poker Asli Indonesia

Kaca Tempered Vs Kaca Laminated

Kirun Wae | 7/11/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

Pengertian Kaca Tempered dan Kaca Laminated
Kaca Tempered merupakan kaca yang diperkeras dengan cara memanaskan kaca float biasa hingga mencapai temperatur sekitar 700 derajat celcius dan kemudian didinginkan mendadak dengan menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Dari proses ini maka terjadi perubahan fisik kaca yaitu terjadi perubahan gaya tekan dan gaya tarik pada kaca, tapi secara visual tidak terjadi perubahan.


Kaca Laminated adalah tipe kaca yang saling merekatkan dua lembar atau lebih kaca biasa / polos menggunakan polyvinyl butiran film (PVB). Lapisan dalam kaca tersebut merekatkan kaca dan mencegah pecahan kaca terbagi menjadi pecahan tajam yang besar.

Karakteristik Kaca Tempered dan Kaca Laminated
Berikut beberapa karakteristik kaca tempered, yaitu :
  • Berkekuatan tinggi (High Strength)
Kaca tempered mempunyai daya tahan lendutan dan benturan keras 3-5 kali lebih kuat dari kaca float dengan ketebalan yang sama.
  • Ketahanan terhadap perubahan suhu
Kaca tempered mempunyai daya tahan terhadap perubahan suhu kira-kira 3-5 lebih tahan dari kaca float biasa.
  • Pecahan kaca dalam bentuk partikel dan tumpul sehingga aman (Save Broken Fragments)
Ketika kaca tempered pecah, bagian ujung / tepinya akan tumpul sehingga mencegah cedera serius. Tidak seperti kaca biasa yang pecahan ujungnya tajam. 
  • Tidak dapat diproses lebih lanjut (No Further Process)
Kaca tempered seimbang dalam ketegangan dan tekanan kompresi. Hal ini membuatnya tidak dapat dipotong setelah proses tempered. Semua dimensi dan spesifikasi harus ditentukan secara tepat sebelum proses tempering.


Untuk karakteristik kaca laminated adalah sebagai berikut :
  • Aman
  • Memberi Perlindungan
  • Kontrol kedap suara
  • Membatasi sinar ultra violet
  • Warna Bervariasi
Penggunaan Kaca Tempered dan Kaca Laminated
Kaca Tempered biasanya digunakan untuk shower screen (pintu kamar mandi), pintu frameless (office, ruko, showroom, gym, toko, mall, dll), jendela otomotif, glass wall di samping eskalator dan lift, furniture dan dekorasi seperti meja kaca, showcase dan penggunaan lainnya. 

Kaca Laminated sering digunakan untuk ekterior rumah, ruko, gedung sebagai curtain wall dan jendela. Lapisan polyvinil pada kaca laminated juga memberikan isolasi kedap suara tingkat tinggi dan juga 99% mencegah sinar UV masuk. 

Kaca tempered dan kaca laminated memiliki sifat yang berbeda. Mereka adalah dua jenis kaca tetapi dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa aplikasi. Kaca laminated dan kaca tempered adalah pernikahan umum dari dua jenis kaca. Secara terpisah, masing-masing jenis kaca memiliki aplikasi yang berguna.

Demikian sedikit ulasan tentang kaca tempered dengan kaca laminated. Semoga bermanfaat.....


Category:

0 komentar