Poker Asli Indonesia

Cara Menyambung Kabel Listrik Yang Aman

Unknown | 7/21/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda


Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin diantara kita menemui kabel listrik di rumah kita putus. Sebagian dari kita mungkin tidak berani untuk menyambung dikarenakan takut terkena "setrum" listrik. Selain itu apabila dalam penyambungan kabel listrik tidak sesuai dengan yang disyaratkan oleh PLN tak jarang sambungan kabel tersebut menjadi penyebab terjadinya kebakaran karena korsleting listrik.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips cara menyambung kabel listrik dengan aman. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Persiapan Alat Bantu.
Sebelum dilakukan penyambungan kabel, persiapkan bahan-bahan yang akan di butuhkan seperti gunting, isolasi, solder, klem kabel dan peralatan lainya. Pastikan kita mengetahui jalur kabel baik phasa maupun netral (wiring diagram).

2. Bekerja Tidak dalam kondisi bertegangan.
Pastikan pada saat penyambungan tidak terdapat tegangan atau arus mengalir, hal ini mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan jenis kabel.
Dalam penyabungan listrik tergantung jenis kabel yang digunakan, biasanya kabel yang di gunakan berjenis serabut atau pejal.

4. Cara Penyambungan.
untuk kabel yang bersifat pejal caranya dapat dengan di kupas bagian kulit kabel dan di putar/ pilin bersamaan dengan kabel sambungan. Usahakan panjang kabel sama dan berputar searah jarum jam. Untuk kabel sambungan diusahakan menggunakan warna yang sama sehingga memudahkan dalam pengawatan kabel.

Untuk kabel serabut sebaiknya menggunakan klem atau timah solder. Klem atau solder lebih memperkuat sambungan untuk kabel serabut di bandingkan apa bila kita menyabung kabel dengan cara di pilin. Untuk klem kabel gunakan besaranya sesuai dengan besaran kabel yang di sambung.

5. Isolasi Penyambungan.
Setelah di lakukan penyambungan gunakan isolasi yang menjadi stadard SNI, isolasi sebaiknya di lakukan per jalur. Apabila kabel terdiri dari 2 kabel utamakan satu kabel terlebih dahulu baru kemudian kabel lainya.

Demikian sedikit uraian tentang cara penyambungan kabel listrik. Selamat mencoba...


Category:

0 komentar