Poker Asli Indonesia

Keindahan Arsitektur Masjid Bawah Tanah Taman Sari Jogja

Unknown | 7/20/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda


Jogja - Masjid Taman Sari terletak di bawah tanah kompleks Taman Sari Jogjakarta. Masjid Taman Sari dibangun sekitar pada 1750. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik. Masjid bawah tanah ini terdiri atas dua lantai berbentuk bulat dengan rongga - rongga jendela di bagian luarnya. Lantai bawah dipakai untuk jamaah wanita, lantai atas untuk jamaah pria. Tangga dari lantai bawah menuju ke lantai atas terletak di tengah-tengah lingkaran. Selain itu terdapat sebuah kolam kecil berbentuk bulat di tengah masjid serta tangga yang melintang di atasnya.

Di setiap lantai dapat kita temui ruangan tersendiri untuk imam yang memimpin sholat. Kedua lantai dihubungkan dengan lima buah tangga yang melintang ditengah-tengah ruangan Masjid tersebut, disertai kolam untuk berwudhu tepat di bawah tangga.

Kita dapat merasakan suatu aura fenomena klasik dan menarik di dalam area lingkungan Masjid ini. Ruang masuk Masjid yang diawali dengan cahaya redup dan udara sejuk akan menyambut kehadiran kita.

Masjid Bawah Tanah ini memiliki 5 buah anak tangga yang menuju ke lantai masjid, dengan empat buah anak tangga membentuk panggung kecil yang di bawahnya terdapat sebuah sumur. Dan satu buah lagi anak tangga terhubung langsung ke lantai atas masjid. Dan kelima buah anak tangga ini merupakan pengejawantahan dari rukun Islam. Sedangkan tangga tertinggi yang terdapat di dalam lokasi area Masjid Bawah Tanah tersebut menunjukkan arah kiblat (Mekah).

Berikut foto Masjid Bawah Tanah Taman Sari Jogja :





Category:

0 komentar