Poker Asli Indonesia

Kalsiboard vs Gypsum

Kirun Wae | 6/20/2013 | 0 komentar
masterpoker88
BetAnda

Pengertian Kalsiboard dan Gypsum
Kalsiboard diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan baku pilihan dan melalui proses AUTOCLAVE ( proses pengeringan dengan tekanan dan temperatur tinggi) untuk mendapatkan hasil produk yang stabil dan tahan lama. Kalsiboard diproduksi tanpa menggunakan jenis asbes apapun sebagai bahan bakunya (100% Bebas Asbes). Dengan materi penyusun tersebut membuat bahan ini tahan air dan tahan rayap, Kemudahan yang lain adalah mudah, ringkas dan cepat dalam pemasangannya.

Sedangkan Gypsum adalah salah satu contoh mineral dengan kadar kalsium yang mendominasi pada mineralnya dan merupakan salah satu bahan galian industri. Gypsum yang paling umum ditemukan adalah jenis hidrat kalsium sulfat dengan rumus kimia CaSO4.2H2O. Gypsum adalah salah satu dari beberapa mineral yang teruapkan. Contoh lain dari mineral-mineral tersebut adalah karbonat, borat, nitrat, dan sulfat. Mineral-mineral ini diendapkan di laut, danau, gua dan di lapian garam karena konsentrasi ion-ion oleh penguapan. Ketika air panas atau air memiliki kadar garam yang tinggi, gypsum berubah menjadi basanit (CaSO4.H2O) atau juga menjadi anhidrit (CaSO4). Dalam keadaan seimbang, gypsum yang berada di atas suhu 108 °F atau 42 °C dalam air murni akan berubah menjadi anhidrit.

Keuntungan dan Kelemahan Kalsiboard dan Gypsum
Keuntungan Kalsiboard

  • KEUNTUNGAN UTAMA
Kalsi board sangat aman bagi kesehatan, sedikitpun tidak tekandung bahan asbes.Sebagaimana kita tahu debu-debu asbes jika terhirup paru-paru dapat merusak sel paru-paru dan tidak dapat larut sehingga beresiko kanker. Di sebagian Negara Eropa bahkan mulai dilarang penggunaan bahan asbes.
Kalsi board karena tidak mengandung asbes maka produk ini tidak getas (brittle) sebagaimana sifat dasar bahan asbes.
    • DIMENSI STABIL
      Salah satu proses pembuatan Kalsi adalah autoclaving yaitu pengeringan dengan temperature dan tekanan yang tinggi, dan hasilnya fantastis. Papan Kalsi sangat stabil di berbagai suhu. Muai susut yang terjadi sangatlah kecil. Sehingga mencegah terjadi keretakan karena perubahan muai susut saat aplikasi di interior karena mesin penyejuk ruangan dan perubahan iklim pada aplikasi eksterior.
        • VARIASI KETEBALAN
          Papan Kalsi mempunyai variasi ketebalan yang sangat besar untuk ukuran papan. Dari 3 mm sampai 20 mm. Efeknya yang sangat positif adalah pada variasi aplikasinya. Dari plafon, partisi, dinding luar dan bahkan lantai. Dari dinding yang rata sampai melengkung. Untuk saat ini hanya papan Kalsiboard yang mempunyai keunggulan ini.
            • SISI RECESSED
              Adalah Jenis Kalsi Board yang diperuntukan untuk board yang menghasilkan sambungan yang sempurna rata. Dengan adanya bagian yang lebih tipis di bagian tepi (recessed) juga mengurangi pemakaian kompon dan lebih memudahkan penyambungan, pekerjaan jauh lebih cepat. Sambungan sempurna, permukaan sambungan akan sama rata dengan permukaan lembaran.
                • FLEXIBLE
                  Keunggulan lain yang fantastic adalah daya tahan kalsi sekuat semen tapi mempunya kelenturan layaknya bahan plywood. Kalsi board dapat di lengkungkan sampai sudut tertentu, sehingga bisa digunakan untuk mewujudkan disain disain lengkung arsitektural yang spektakuler. Dengan sedikit pengetahuan tentang konstruksi apapun bentuk lengkung maka akan mudah diikuti dengan mulus oleh lembaran papan Kalsiboard.

                  Keuntungan Gypsum
                  Ada banyak keuntungan dari penggunaan gypsum board, antara lain :
                  • Memiliki bentuk yang padat dan kering sehingga sangat memudahkan proses pemasangan atau konstruksinya. 
                  • Harga gypsum board/papan gypsum lebih murah dan tidak memerlukan pengerjaan yang rumit
                  • Perawatan dan perbaikan gypsum lebih mudah
                  • Cukup tahan lama dan tidak terlihat sambungannya
                  • Papan gypsum lebih terhadap tahan api
                  Kelemahan Kalsiboard
                  Kelemahan Kalsiboard jika plafon mau dibuka, tidak bisa rapi, pasti ada retak rambutnya. Penyebab retak rambut ini, karena kalsiboard memiliki kembang susut tinggi. Saat musim hujan mengembang, dan musim kemarau menyusut. Saat menyusut inilah kelihatan retak rambutnya. Misalkan pada sambungan, pemakaian plafon kalsiboard akan kelihatan pecah. Kalsiboard memiliki ketebalan 3,5 mm, 4,5 mm, 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, dan 20 mm. Khusus ketebalan 2 mm umumnya difungsikan untuk lantai, biasa disebut kalsi floor.  

                  Kelemahan Gypsum
                  Kelemahan gypsum tidak tahan terhadap air ataupun kelembaban.

                  Demikian sedikit artikel tentang Kalsiboard vs Gypsum. Terima kasih....






                  Category:

                  0 komentar